5 Masalah Paling Umum Terjadi Dalam Kehidupan Perkantoran

Masalah Antara Bos dan Karyawan

5 Masalah Paling Umum Terjadi Dalam Kehidupan Perkantoran  – Menjabat sebagai orang kantoran memang terlihat mewah. Terlebih jika perusahan yang diampunya lebih dari segalanya. Pastinya aktivitas sehari – hari akan terasa nyaman dan tak kan pernah lupa untuk terus dikembangkan. Tapi sayangnya masih banyak masalah yang terjadi baik secara umum maupun di luar dugaan.

Hal tersebut bukan karena melihat seberapa besar gaji karyawan yang didapatkan. Akan tetapi permasalahan yang terjadi tak lain agar mereka terlihat lebih dewasa dalam menjalankan pekerjaan. Dan kondisi tersebut selalu menimpa semua pihak yang terlihat di dalamnya mulai dari karyawan paling bawah hingga atasan.

Deretan Masalah di Dunia Perkantoran dan Solusinya

Sangat tidak mudah untuk menumbuhkan rasa percaya diri yang begitu besar terhadap suatu pekerjaan. Karena terkadang apa yang kita inginkan tidak selalu berjalan mulus. Pastinya ada banyak masalah yang terjadi sejak awal masuk hingga menjalankan rutinitas perkantoran. Dan berikut merupakan deretan masalah di dunia perkantoran serta solusi lengkapnya!

1. Masalah Antara Bos dan Karyawan
Bukan merupakan fenomena baru jika seorang bos atau atasan berlaku semena – mena terhadap para bawahannya. Sebab mereka hanya ingin yang terbaik untuk memakmurkan perusahaan agar terlihat lebih maju dan unggul dari pada kantor lainnya. Sering kali mereka melakukan tindak kekerasan baik secara wajar atau di luar batas dengan tujuan untuk memberikan sanksi terhadap karyawan yang melakukan kesalahan. Kondisi tersebut sangat memungkinkan karyawan untuk tidak melanjutkan karir masa depannya dengan cara memiliki untuk mengundurkan diri (Resign).

Solusi Adapun solusi terbaik yang layak dilakukan adalah membubuhkan rasa saling percaya antara atasan dengan bawahan dalam melakukan segala aktivitas kantor. Khususnya bagi pimpinan perusahaan, mereka sangat perlu untuk melakukan pendekatan secara subjektif agar lebih mengenal bagaimana karakter dan kualitas karyawan. Sementara para karyawan pun tetap melakukan yang terbaik dan tidak melancarkan aksi anarkis jika di kemudian hari tercyduk masalah yang merugikan diri sendiri.

2. Konflik Antar Sesama Karyawan
Masalah yang mungkin terjadi berikutnya adalah konflik antar sesama karyawan. Mungkin sudah jelas bahwa pekerjaan di bidang mana pun tidak selalu berjalan lancar dan semulus harapan. Terkadang mereka yang menganggap mudah pekerjaan, malahan mendapatkan musibah dari sisi lain dan hal tak terduga. Pertikaian antar karyawan sudah sering terjadi karena satu sama lain memiliki rasa iri terhadap pencapaian masing – masing.

Solusi Memang tidak mudah untuk menyatukan para pekerja yang berada pada level berbeda. Akan tetapi mereka wajib untuk saling menghargai atas prestasi dan kinerja orang lain untuk meningkatkan etos kerja. Dalam hal ini mereka harus tetap menjaga norma – norma persahabatan kerja demi menjauhkan diri dari bentrokan yang tak berujung. Dengan begitu hubungan kerja mereka akan tetap terjaga dengan baik.

3. Ketidakpuasan Bagi Para Klien
Masalah yang sering terjadi lainnya yakni ketidakpuasan bagi para klien, terutama yang terjadi pada perusahan besar. Bukan mereka tidak melakukan pekerjaan secara maksimal, akan tetapi apa yang diharapkan tidak terlalu berjalan mulus. Terkadang setiap klien menginginkan hal yang lebih dari ketentuan perusahaan. Namun yang mereka dapatkan tidak memenuhi syarat. Pastinya kondisi itu akan mengecewakan klien yang mengakibatkan kerugian besar.

Solusi Pada umumnya ketidakpuasan antara klien memang selalu terjadi dalam kondisi apa pun. Karena mereka ingin menjaga kualitas produk, nama baik hingga keuntungan agar terus berkembang. Cara untuk menyelami masalah ini sebetulnya tidak terlalu rumit, yaitu pihak perusahaan dan klien harus saling mendukung dan terbuka. Jadi bila terjadi ketidakpuasan di kemudian hari, mereka pun sama – sama mengetahui bahwa ada hal penting yang wajib diperbaiki untuk menghasilkan kepuasan.

4. Beban Kerja Terlalu Berat
Masalah yang kali ini ialah mendapatkan beban kerja yang terlalu berat. Pada dasarnya kondisi tersebut sering dialami oleh para karyawan. Diketahui bahwa sejak menyerahkan lamaran, mereka akan bekerja sesuai dengan kemampuan di bidang masing – masing. Namun di tengah perjalanan, mereka pun terpaksa menemukan kesulitan mulai dari adaptasi, cara kerja, kehidupan kantor dan lain sebagainya. Beban tersebut memang belum pernah terbayangkan sebelumnya. Namun mau tidak mau mereka harus menyelesaikannya secara profesional.

Solusi Kenyataan seperti itu mungkin sudah biasa terjadi dari waktu ke waktu. Tak peduli apakah mereka orang baru bahkan mungkin titipan pimpinan. Karena mereka memilik tanggung jawab yang besar untuk mengelola dan mengatur urusan kerja hingga memberikan hasil sempurna. Mengatasinya hal ini hanya perlu sedikit waktu untuk berpikir dan merelaksasi. Melibatkan para senior sangat perlu agar mereka tidak terlalu canggung dalam menghadapi setiap masalah dan tugas kantor.

5 Masalah Paling Umum Terjadi Dalam Kehidupan Perkantoran

5. Pelecehan dan Tindakan Kriminal
Dan masalah yang paling fatal terjadi di lingkungan perkantoran tidak lain adalah pelecehan dan tindakan kriminal. Tak sedikit kasus pelecehan seksual antar sesama pekerja, terutama bagi mereka yang memiliki kelainan jiwa atau rasa frustasi atas ketidakberhasilan suatu pekerjaan. Terlebih aksi Bullying acap kali dilakukan untuk merendahkan martabat pekerja lain. Di lain hal, tindakan kriminal mulai dari kasus penggelapan dana hingga pembunuhan pun masih marak terjadi. Sebab beberapa dari mereka berkeinginan untuk menjadi penguasa.

Solusi Mengatasi masalah yang sangat serius ini memerlukan penanganan khusus antara bos dan pihak yang berwajib. Mereka harus saling bekerja sama dari waktu ke waktu demi menjaga kenyamanan lingkungan kantor. Dan tak lupa untuk mempertegas tentang terjadinya kasus kriminal dan pelecehan berdasarkan Undang – Undang perusahaan.

Related Posts