6 Tips Dari Pakar untuk Lingkungan Kantor yang Sehat

6 Tips Dari Pakar untuk Lingkungan Kantor yang SehatLingkungan kantor Anda memiliki dampak besar pada seberapa baik fungsinya. Lingkungan tidak hanya memengaruhi cara karyawan bekerja, tetapi juga semua proses dalam organisasi Anda, mulai dari komunikasi hingga produksi, misalnya.

6 Tips Dari Pakar untuk Lingkungan Kantor yang Sehat

klikoffice – Itulah mengapa penting untuk fokus menjaga lingkungan tetap positif dan sehat. Tetapi sebagian besar organisasi merasa sulit untuk melakukan itu. Tapi jangan khawatir, kami memiliki tips dari para ahli yang akan memastikan Anda memiliki bisnis yang berkembang pesat.

1. Membangun dan menumbuhkan kepercayaan

Kepercayaan adalah salah satu ciri paling berharga dari bisnis yang dicari oleh pekerjaan. Tetapi lebih mudah diucapkan daripada dilakukan untuk membangun kepercayaan dengan karyawan Anda. Anda perlu mengambil langkah-langkah khusus sebagai pemimpin untuk membangun dan kemudian menumbuhkan kepercayaan, ini mungkin termasuk:

  • Memastikan untuk menepati janji yang dibuat untuk karyawan.
  • Jangan membuat janji yang tidak bisa Anda tepati.
  • Komunikasikan masalah dan cari solusi dengan tim Anda.
  • Buat kode yang digarisbawahi dengan perilaku karyawan, tunjangan, dan elemen lain yang disorot sehingga mereka tahu persis apa yang diharapkan dari mereka dan menaatinya.

Ini hanyalah beberapa langkah untuk membuat karyawan Anda mempercayai Anda dan praktik Anda. Kepercayaan akan membangun sinergi tim untuk latihan Anda dan membantu memotivasi tim Anda .

Baca Juga : Cara Membuat Lingkungan Tempat Kerja Nyaman Untuk Karyawan

2. Jaga komunikasi tetap terbuka

Komunikasi meletakkan dasar dari setiap lingkungan kantor yang sehat. Harus ada komunikasi terbuka antara manajemen dan karyawan. Organisasi yang tidak memiliki komunikasi terbuka cenderung mengasingkan staf, mereka merasa tidak sepenuhnya menjadi bagian dari organisasi.

Juga, jangan berharap karyawan benar-benar terbuka sejak awal. Butuh waktu bagi individu untuk membuka diri, jadi bangunlah hubungan dan kepercayaan dengan mereka terlebih dahulu. Manajemen harus selalu memastikan untuk terbuka sehingga karyawan belajar dari mereka. Ini juga membuat mereka tahu bahwa mereka dihargai dan merupakan bagian penting dari organisasi.

3. Berdayakan tim Anda

Menjalankan bisnis bisa jadi sulit jika Anda menyimpan semua kekuatan di tangan Anda. Pikirkan tentang hal ini, karyawan Anda akan datang kepada Anda untuk persetujuan untuk hal-hal terkecil dari mana membeli perlengkapan kantor hingga layanan kurir mana yang digunakan untuk mengirim dokumen? Memberi mereka kekuatan untuk membuat keputusan sendiri akan menghemat banyak sakit kepala dan menyelesaikan tugas dengan cara yang efisien.

Pemberdayaan itu penting tetapi pada saat yang sama begitu juga akuntabilitas. Jadi, saat Anda memberikan kebebasan kepada karyawan Anda untuk membuat keputusan, pastikan mereka tahu bahwa mereka akan bertanggung jawab atas keputusan yang mereka buat. Ini akan membantu mereka melakukan tugas dengan lebih bertanggung jawab sehingga bisnis Anda berfungsi dengan baik.

4. Mempromosikan kesehatan karyawan

Kesehatan fisik dan mental memiliki dampak besar pada kinerja karyawan Anda. Anda ingin memastikan bahwa Anda mengambil tindakan untuk mempromosikan keduanya secara positif. Ada banyak langkah yang dapat diambil organisasi untuk mempromosikan kesehatan:

  • Memberikan vaksinasi untuk flu dan penyakit musiman lainnya
  • Miliki gym di kantor atau berikan karyawan Anda keanggotaan ke gym terdekat.
  • Memberikan pelatihan kepada karyawan untuk meningkatkan kapasitas mereka.
  • Sediakan makanan ringan bergizi di kafetaria kantor.

Anda dapat mengambil banyak langkah berbeda untuk meningkatkan kesehatan karyawan Anda. Pastikan Anda memiliki rencana komprehensif yang berdampak pada kesehatan mental dan fisik.

5. Jaga agar tempat kerja tetap bersih dan teratur

Kita semua cukup banyak mengetahui Feng Shui, filosofi Cina tentang bagaimana penataan area tertentu berdampak pada kita yang bisa positif atau negatif. Bagaimana mengatur tempat kerja Anda memainkan peran kunci dalam Feng Shui. Jika Anda membuatnya berantakan, karyawan Anda akan mengikuti dan tetap seperti itu yang akan membuat bekerja di sana menjadi mimpi buruk bagi semua orang. Pada saat yang sama, kebersihan penting untuk kesehatan semua orang.

Untuk memastikan kantor Anda memiliki lingkungan yang sehat, teratur dan bersih adalah hal yang tidak terpisahkan. Anda juga ingin mempromosikan kepositifan dengan tanaman dan dekorasi yang memiliki getaran positif dan ramah.

6. Mempromosikan keseimbangan kerja/hidup

Ketika organisasi berusaha mendapatkan hasil maksimal dari karyawan, sebagian besar meminta mereka menghabiskan berjam-jam lembur untuk menyelesaikan lebih banyak pekerjaan. Meskipun taktik ini mungkin tampak produktif pada awalnya, namun pada akhirnya berdampak pada karyawan yang pada gilirannya berdampak pada bisnis Anda.

Daripada mempromosikan bahwa karyawan tetap lembur, Anda harus meminta mereka untuk menjadi seproduktif mungkin dalam waktu kerja yang ditentukan. Sementara pada saat yang sama, minta mereka untuk meninggalkan kantor tepat waktu untuk menyeimbangkan kehidupan pribadi dan pekerjaan mereka. Memiliki tim yang diisi dengan individu-individu yang memiliki keseimbangan kerja/kehidupan memungkinkan mereka untuk tampil lebih baik dan tidak bosan bekerja.

Related Posts