7 Upaya Meningkatkan Lingkungan Kantor yang Nyaman dan Kondusif

7 Upaya Meningkatkan Lingkungan Kantor yang Nyaman dan Kondusif

7 Upaya Meningkatkan Lingkungan Kantor yang Nyaman dan KondusifMenjadi pekerja kantoran merupakan keinginan terbesar bagi semua orang. Karena hal yang menjadi penguat mereka adalah mendapatkan gaji yang sesuai takaran untuk keperluan pribadi dan keluarga. Tentunya impian untuk menjadi karyawan kantor hingga pemilik perusahaan telah terdoktrin sejak duduk di bangku Sekolah Dasar (SD).

Bagi setiap pekerja kantoran tentunya mereka akan saling berlomba – lomba untuk tetap menjaga lingkungan sekitar agar selalu nyaman dan kondusif demi kemajuan bersama. Dan tentunya ada banyak cara dan upaya untuk bisa meningkatkan lingkungan kantor agar mampu meningkatkan kualitas kerja. Di bawah ini telah kami cantumkan beberapa upaya untuk mewujudkan semuanya, yaitu;

1. Memanfaatkan Udara Segar
Salah satu upaya yang paling umum dan sering dilakukan adalah memanfaatkan udara segar. Yang pasti sejak dulu hingga kini keindahan alam tetap menjadi satu atas kehidupan manusia baik di rumah atau di luar rumah. Lingkungan kantor pun wajib memiliki udara segar agar semua pekerja dapat melaksanakan tugasnya dengan baik dan maksimal. Sekalipun menempatkan pendingin ruangan (AC), namun hal tersebut tidak harus dimanfaatkan secara terus menerus. Karena tujuan utama adalah agar setiap pekerja mendapatkan kadar oksigen yang sesuai takaran. Sehingga mereka bisa hidup sehat selama aktif mengemban tugas dan fungsi pokok sebagai karyawan.

2. Mendesain Ruangan Secara Minimalis
Upaya yang berikutnya yaitu mendesain ruangan secara minimalis. Secara mendasar urusan perabotan dan struktur bangunan di setiap ruangan ditentukan oleh atasan. Akan tetapi semua pihak yang berkecimpung di dalamnya berhak untuk menyalurkan aspirasi demi menjaga nama baik kantor atau perusahaan. Dalam hal ini mengikuti perkembangan jaman memang harus dilakukan. Sebab desain minimalis akan meningkatkan etos kerja ke arah yang lebih baik. Sehingga para pekerja pun akan terus mendapatkan hasil sempurna hingga tahap akhir.

3. Meningkatkan Kesadaran Antar Rekan Sekerja
Di sisi lain, meningkatkan kesadaran diri antar rekan sekerja pun tidak boleh diabaikan. Sebab mereka memiliki peran yang sama untuk membangun dan menghasilkan kualitas bermutu tinggi dalam segala hal. Jadi mereka tidak harus mengacuhkan antara satu dengan yang lainnya sekalipun beda jabatan. Karena apa Tujuan suatu perkantoran tak lain adalah menghasilkan lingkungan yang nyaman dan produktif. Disarankan agar mereka selalu melakukan tukar pikiran baik di dalam dan di luar kantor. Sebab hal tersebut akan saling menambah wawasan yang luas untuk menatap masa depan yang lebih baik. Jika hal ini dilakukan secara terus – menerus, maka mereka pun akan mendapatkan hasil yang bagus di kemudian hari.

7 Upaya Meningkatkan Lingkungan Kantor yang Nyaman dan Kondusif

4. Membangun Bekerja Sama Dalam Segala Hal
Tak hanya itu saja, setiap karyawan juga harus membangun kerja sama dalam segala hal. Tak peduli apakah mereka merupakan senior dan junior di dalam suatu ruangan. Karena kondisi tersebut akan berpengaruh besar terhadap kesuksesan bersama. Jadi antara pekerja hingga atasan harus saling terbuka agar tidak timbul kesalahpahaman yang berakibat fatal di hari berikutnya. Pada kondisi ini, tugas para senior wajib untuk melayani dan memberikan pengarahan terhadap para junior. Karena bisa jadi bahwa kenaikan jabatan akan berbanding terbalik dari yang mereka pikirkan. Dan tentunya hal tersebut akan terus bermasalah jika tidak segera ditangani sejak dini.

5. Meminimalisir Dokumen Tak Layak Pakai
Lebih dari itu, meminimalisir segala macam dokumen tak layak pakai juga merupakan langkah terbaik untuk menjaga lingkungan kantor. Jika dulunya setiap laporan kerja harus dicetak menggunakan kertas dan disimpan ke dalam lemari brangkas sebagai arsip, namun kali ini hal tersebut boleh jadi tidak berlaku. Karena selain rusak, akan ada biaya tambahan lain untuk menggantinya. Dan cara paling ampuh untuk mengatasi hal tersebut adalah memanfaatkan media komputer untuk menyimpan seluruh dokumen penting yang bersifat resmi dan non resmi. Jadi penggunaan kertas apa pun tak kan pernah terjadi. Sehingga lingkungan kantor akan tetap bersih dan nyaman dipandang.

6. Mendaur Ulang Segala Macam Sampah
Yang kemudian adalah mendaur ulang segala macam sampah yang mungkin berceceran di sudut ruangan atau mungkin di luar ruangan. Diketahui bahwa 85% sampah bekas tersebut berasal dari hembusan angin. Sementara sisanya berasal dari para pekerja. Tak hanya memikirkan tentang kebersihan saja, mereka pun juga harus ikut andil dalam membentuk dan membangun suasana kantor agar terlihat kondusif dan nyaman. Cara mudahnya yaitu mengumpulkan semua sampah tak berguna yang kemudian disetorkan kepada pabrik daur ulang. Dengan begitu mereka akan mendapatkan keuntungan di luar dugaan jika pihak tersebut selalu hadir di dunia perkantoran. Sehingga suasana kantor akan selalu terlihat bersih dan rapi setiap hari.

7. Membawa Bekal Pribadi
Dan upaya yang terakhir yakni membawa bekal pribadi. Sekalipun tersedia kantin atau cafe di sekitar kantor, hal tersebut mungkin terlihat kurang menjanjikan. Sebab ragam makanan yang ditawarkan saat ini boleh jadi kurang steril atau mungkin menyebabkan penyakit baru. Perlu diketahui bahwa makanan pribadi sudah pasti sehat karena mereka tahu segala asupan yang harus ditentukan pada saat makan siang hingga lembur. Selain menjaga diri dari ancaman penyakit, mereka pun bisa mendapatkan kebugaran yang selalu fit dalam melakukan aktivitas kerja. Dan hasilnya serangkaian pekerjaan bisa dilakukan tepat waktu tanpa harus memikirkan jam istirahat. Dengan begitu satu per satu dari mereka akan terus menjaga dan meningkatkan lingkungan kantor secara maksimal.

Related Posts