8 Cara Untuk Menciptakan Lingkungan Kantor Yang Produktif

8 Cara Untuk Menciptakan Lingkungan Kantor Yang Produktif – Umumnya penyebab kinerja karyawan menjadi menurun dikarenakan kondisi lingkungan kantor yang tidak kondusif. Tentunya jika hal itu dibiarkan akan berpengaruh pada kegiatan operasional perusahaan.

Misalnya produksi tidak bisa mencapai target yang telah ditentukan. Oleh karenanya pihak HRD harus segera mengambil tindakan untuk membangun lingkungan yang kondusif dan memotivasi para pekerjannya.

Beberapa Cara Untuk Menciptakan Lingkungan Kantor Yang Produktif Bagi Para Karyawannya

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk menciptakan lingkungan kantor yang produktif jika saat ini berkedudukan sebagai pemimpin yaitu dengan mengembangkan budaya positif. Pasalnya budaya positif itu nantinya bisa membuat para karyawannya menjadi lebih akrab satu sama lain.

Namun bukan hanya itu saja masih banyak beberapa tips yang bisa diikuti seperti berikut ini :
1.Mencoba Untuk Menciptakan Konsep Community Minded
Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk menciptakan lingkungan kantor yang produktif yaitu dengan membuat konsep community minded. Di mana tujuan dari konsep itu adalah supaya para karyawan yang ada di dalam kantor bisa saling mengenal dan akrab satu sama lainnya. Tidak hanya itu saja konsep ini juga berfungsi untuk menghilangkan rasa canggung dan ketidaknyamanan para pekerja ketika sedang melakukan kegiatan kolaborasi. Untuk menciptakan community minded bisa dimulai dengan cara membudayakan saling sapa Antar karyawan. Bisa dibilang metode ini cukup efektif untuk membangun komunitas di kantor. Dalam hal ini Anda juga bisa memulainya dengan cara membuat kebijakan pada eksekutif.

2.Menyediakan Sebuah Ruangan Khusus Untuk Bersantai
Dengan menyediakan ruangan khusus bagi karyawan untuk bersantai juga termasuk cara menciptakan lingkungan kerja yang produktif. Pasalnya di tempat itu nantinya para karyawan bisa melepaskan stress akibat pekerjaan yang menumpuk, sehingga setelah stress itu hilang mereka akan lebih bersemangat lagi. Untuk menunjang hal itu Anda bisa melengkapi ruangan khusus tersebut dengan berbagai macam permainan seperti meja billiard dan catur. Selain itu bisa juga menambahkan beberapa fasilitas pendukung lainnya misalnya tanaman, televisi dan sofa.

3.Berikan Kebebasan Untuk Para Pekerja
Tips selanjutnya untuk menciptakan lingkungan kerja yang produktif yaitu dengan memberikan kebebasan kepada para karyawannya. Tentunya seseorang akan merasakan bosan jika setiap harinya hanya duduk di satu tempat dalam waktu yang lama. Oleh karenanya penting sebagai seorang pemimpin untuk menyediakan fasilitas di kantor yang beragam seperti meja lesehan, Dapur dan tempat duduk. Dengan begitu para karyawan akan bebas untuk memilih fasilitas tersebut, sehingga suatu saat ketika dirinya merasa jenuh bisa menggunakan beberapa fasilitas itu.

4.Menciptakan Suasana Tempat Kerja Yang Nyaman
Tentunya lingkungan kerja yang kondusif bisa membuat para karyawannya betah bekerja di tempat tersebut. Oleh karena itu Anda bisa memulai menciptakan suasana yang nyaman dengan cara menata kubikel milik para karyawan secara rapi. Selain itu perusahaan juga bisa melakukan pembenahan pada interior kantor yang rusak misalnya lampu tidak berfungsi, meja berlubang dan tembok kusam. Dalam hal ini penting juga untuk memperhatikan pengaturan pencahayaan ruangan agar tetap stabil. Pasalnya pencahayaan ruangan itu nantinya akan mempengaruhi kenyamanan para karyawan ketika sedang melakukan kegiatannya.

8-cara-untuk-menciptakan-lingkungan-kantor-yang-produktif

5.Menciptakan Tempat Kerja Yang Ramah
Membangun lingkungan kerja yang kondusif juga bisa dilakukan dengan cara membentuk karyawan kantor yang ramah terhadap ide. Sebab dengan saling bertukar pikiran akan terbangun sebuah diskusi yang nantinya dapat membantu untuk meningkatkan produktivitas para karyawannya. Di samping itu kegiatan ini juga akan menumbuhkan rasa adil dan kesetaraan di dalam lingkungan pekerjaan. Jika Anda seorang pemimpin untuk menciptakan tempat kerja yang ramah bisa dengan menyediakan berbagai platform khusus di mana para karyawan itu dapat saling transfer ilmu, sehingga jika ada permasalahan antara pekerja di dalam kantor untuk menyelesaikannya akan lebih mudah.

6.Memberikan Fasilitas Berupa Ruang Istirahat
Di dalam sebuah kantor bisa dibilang bahwa ruangan ini termasuk hal terpenting yang wajib disediakan oleh pemiliknya. Pasalnya tempat itu nantinya bisa dimanfaatkan para karyawan untuk melepas lelah akibat bekerja seharian. Agar para karyawannya dapat merasa lebih bersemangat lagi untuk melakukan aktivitasnya bisa menambahkan berbagai macam fasilitas di dalam ruangan tersebut seperti karpet tebal, kasur single dan televisi.

7.Pastikan Telah Merekrut Karyawan Yang Memiliki Kepribadian Positif
Perlu diketahui bahwa kepribadian karyawan merupakan salah satu faktor yang bisa mempengaruhi kualitas dari lingkungan kerja. Oleh karena itu di dalam pemilihannya harus dilakukan secara hati-hati atau mengutamakan kemampuannya. Di mana untuk menggali skill dari calon karyawan itu bisa dilakukan pada saat sesi interview. Selain itu Anda juga bisa memberikan sebuah tes MBTI untuk mengetahui lebih dalam skill yang dimiliki oleh calon karyawan tersebut.

8.Sediakan Peralatan Kantor Yang Lengkap
Untuk menciptakan lingkungan kantor yang produktif juga bisa dilakukan dengan cara menyediakan peralatan secara lengkap. Adapun contoh dari peralatan kantor yang lengkap itu seperti perangkat komputer, laptop, kamera, printer, mesin fotocopy dan lain sebagainya. Tentunya dengan peralatan kantor yang lengkap bisa membantu para karyawan untuk menyelesaikan tugasnya dengan cepat dan efisien. Selain itu kebiasaan kontraproduktif yang disebabkan keterbatasan peralatan kantor juga bisa terhindari.

Demikianlah beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk menciptakan lingkungan kerja yang produktif bagi karyawannya. Lingkungan kerja yang produktif pastinya bisa membuat kegiatan operasional berjalan dengan lancar sehingga keuntungan bagi perusahaan akan besar.

Related Posts