Ciri Ciri Lingkungan Kantor dan Kerja yang Sehat dan Toxic

Ciri Ciri Lingkungan Kantor dan Kerja yang Sehat dan Toxic

Ciri Ciri Lingkungan Kantor dan Kerja yang Sehat dan Toxic – Disetiap kehidupan manusia kita pasti akan terjun kedalam dunia kerja. Baik itu kerja lapangan maupun kerja kantoran. Tetapi, ada juga beberapa lingkungan kantor yang sehat dan lingkungan yang tidak sehat atau biasa disebut dengan toxic. Sehat atau tidaknya lingkungan tempat kita bekerja dimanapun itu pasti akan mempengaruhi setiap kinerja kita sebagai karyawan pada perusahaan. Banyak yang perlu diperhatikan dalam mencari kerja dan bertahan di dunia kerja yaitu salah satunya dengan memperhatikan lingkungan kerjanya.

Selain, berpengaruh pada kinerja lingkungan kerja juga berpengaruh kepada kesehatan mental, tubuh, dan pikiran kita. Untuk dapat mengetahui bagaimana dan apa saja sih ciri ciri dari lingkungan kerja yang sehat dan yang tidak sehat berikut ini adalah penjelasan mengenai ciri ciri lingkungan kerja yang sehat dan toxic yaitu sebagai berikut

Ciri-Ciri Lingkungan Kerja yang Toxic

Adapun ciri ciri lingkungan kerja yang toxic atau tidak sehat adalah sebagai berikut.

1 lebih banyak fokus pada pekerjaan
Lingkungan kerja yang toxic biasanya memiliki banyak waktu yang sangat menyita untuk pekerjaan.

2 Tidak dapat berkembang
Lingkungan kerja yang toxic juga biasanya sangat mempengaruhi kinerja karyawannya. Yang dimana kebanyakan karyawannya tidak dapat mengekspresikan pikirannya dan berkembang di tempat kerjanya. Hal ini tentu akan membuat karyawan tidak nyaman karena karir nya yang akan stuck disitu saja.

3 Atasan yang tidak pengertian
Salah satu penunjang lingkungan kerja yang toxic adalah memiliki atasan yang tidak memiliki pengertian sama sekali kepada karyawannya. Atasan seperti ini biasanya akan memarahi karyawannya jika karyawannya melakukan kesalahan. Hal tersebut sudah pasti akan mempengaruhi kinerja karyawan yang dimana ia akan merasa tidak betah dan tidak nyaman bekerja dan berada di lingkungan tersebut.

4 Terlalu banyak tuntutan
Selanjutnya, adalah lingkungan kerja yang toxic juga karena terlalu banyaknya tuntutan terhadap karyawan mengenai pekerjaannya. Biasanya atasan atau perusahaan terlalu banyak menuntut karyawannya untuk selalu kerja profesional atau sempurna. Pekerjaan yang tidak sesuai dengan jobdesk dari masing masing bidang, atau dikejar deadline, serta pekerjaan yang tidak sesuai gaji juga akan mempengaruhi karyawannya karena berada dilingkungan yang tidak sehat dalam bekerja.

5 Rekan kerja yang tidak profesional
Lingkungan kerja yang toxic juga biasanya dipengaruhi oleh rekan kerja yang tidak profesional atau tidak dapat bekerja sama dengan baik. Rekan kerja seperti ini biasanya akan selalu mengandalkan jika mendapat pekerjaan yang tidak ia mengerti, atau bisa juga menjadi kambing hitam kepada atasan yang membuat lingkungan kerja tersebut menjadi tidak sehat.

Baca juga: Cara Mengatasi Lingkungan Kerja yang Toxic

Ciri Ciri Lingkungan Kantor dan Kerja yang Sehat dan Toxic

Ciri ciri lingkungan kerja yang sehat

Adapun ciri ciri lingkungan kerja yang sehat adalah sebagai berikut.

1 Merasa nyaman dan tentram
Tak bisa dipungkiri jika kita bekerja di lingkungan yang sehat yang pertama kali dirasakan adalah merasa diri menjadi lebih nyaman dan tentram. Hal tersebut tentu akan sangat mempengaruhi kesehatan mental dan fisik para karyawannya.

2 Merasa Senang
Ciri ciri lingkungan kerja yang sehat adalah jika para karyawannya merasakan hidupnya senang dan tenang. Yang dimana biasanya si karyawan tersebut akan mencintai pekerjaannya meskipun terasa berat ia akan tetap melaksanakan pekerjaan tersebut.

3 Tidak hanya fokus pada pekerjaan
Lingkungan kerja yang sehat tentunya tidak hanya berfokus pada pekerjaan saja. Setiap karyawannya tentu akan diberi kebebasan dalam beristirahat pada waktu tertentu dan dinerikan kebebasan untuk berekspresi agar dapat berkembang karirnya.

Related Posts