Kenali Lingkungan Kantor yang Kondusif

 

Kenali Lingkungan Kantor yang Kondusif

Kenali Lingkungan Kantor yang Kondusif – Lingkungan kantor atau kerja yang kondusif ialah lingkungan yang dapat memberikan rasa aman, nyaman, dan optimal dalam melakukan suatu pekerjaan atau berada didalam suatu perusahaan. Lingkungan kantor yang kondusif akan memberikan pengaruh dan dampak positif kepada kinerja karyawannya. Memiliki lingkungan yang kondusif dalam lingkungan kerja merupakan suatu hal yang diinginkan oleh semua orang.

Kondusif disini dalam artian memiliki rekan kerja yang baik, saling mendukung satu sama lain, tidak saling menjatuhkan atau menjelekkan, dapat bekerja sama. Selain berpengaruh terhadap kenyamanan karyawannya. Lingkungan kerja yang kondusif juga akan berpengaruh terhadap perkembangan perusahaannya. Dengan adanya lingkungan yang kondusif ini akan membuat perusahaan menjadi lebih maju dan lebih baik lagi dari sebelumnya.

Cara Menciptakan Lingkungan Kerja yang Kondusif

1 Menjadi atasan atau bawahan yang menyenangkan.
Baik posisi anda menjadi atasan maupun bawahan didalam kantor. Anda harus bisa menyesuaikan diri untuk menciptakan lingkungan kerja yang kondusif. Jangan menjadi rekan kerja atau atasan yang menyebalkan. Tetapi, jadilah rekan kerja dan atasan yang menyenangkan. Dengan begini, sesama rekan kerja maupun atasan akan mudah untuk menciptakan suatu lingkungan kerja yang kondusif.

2 Apresiasi di Lingkungan kerja dan Kantor
Untuk menciptakan lingkungan kerja yanb kondusif hal selanjutnya adalah anda dapat memberikan apresiasi kepada bawahan anda atau kepada rekan kerja anda atas apa yang telah ia capai dan yang telah ia raih. Pencapaian tersebut akan membuat seseorang menjadi senang hatinya ketika diberikan apresiasi meskipun hanya sekadar ucapan selamat. Hal sederhana ini juga dapat menciptakan lingkungan kerja yang kondusif.

3 Berikan Kebebasan
Hal yang selanjutnya adalah berikan bawahan anda untuk bebas memberikan inspirasi, aspirasi dan argumentasinya. Dengan begini, bawahan anda akan menjadi lebih dihargai karena dirinya diberi kebebasan untuk menyampaikan apa yang ada dikepalanya. Anda sebagai atasan juga akan dinilai menjadi atasan yang bijak karena sudah memberikan peluang dan kesempatan kepada bawahan anda untuk memberikan kebebasan kepadanya dan menjadj pendengar baginya. Hal ini tentu saja dalat menciptakan lingkungan kerja yang kondusif karena hal ini akan membuat ikatan hubungan anda dengan bawahan atau rekan lainnya menjadi lebih harmonis dan dekat.

4 Keseimbangan antara kerja dan kehidupan pribadi
Berikutnya adalah, berikan bawahan anda untuk dapat menyeimbangkan hak dan kewajibannya dalam melaksanakan tugasnya didalam kantor dan perannya didalam rumah. Dengan begini, akan menciptakan lingkungan kerja yang kondusif karena karyawan tidak dituntut untuk mengurusi pekerjaannya secara terus menerus melainkan ada keluarganya yang perlu ia perhatikan.

Kenali Lingkungan Kantor yang Kondusif

5 Kompetisi dan Persaingan yang sehat
Sebagai atasan anda perlu mengetahui bahwa bawahan anda dan rekan kerja yang lainnya boleh bersaing tetapi harus sehat. Dengan adanya kompetisi dan persaingan yang sehat tentunya tidak ada saling sikut menyikut satu sama lain. Hal ini dapat menciptakan lingkungan kerja yang kondusif.

6 Berikan Perhatian
Dalam menciptakan lingkungan kerja yang kondusif anda juga dapat memberikan perhatian kepada karyawan. Perhatian tersebut dituju dengan maksud untuk mencegah terjadinya hal hal yang tidak diinginkan seperti sakit, kelalaian kerja, kecelakaan kerja dan lain lain. Hal ini tentu saja dapat menciptakan lingkungan kerja yang kondusif. Karena jika karyawan tersebut mengalami sakit karena terlalu lelah bekerja hal itu tentu akan mempengaruhi kinerjanya dan dapat menghambat aktivitas perusahaan.

Related Posts