Mengenal Layout Di Lingkungan Kantor

Mengenal Layout Di Lingkungan Kantor Layout merupakan salah satu tata ruang atau tata letak suatu ruangan yang berkaitan dengan dekorasi. Dalam pembangunan kantor tentunya tidak hanya membangun bangunan nya saja. Ada beberapa aspek yang perlu diperhatikan.

Desain atau layout didalam lingkungan kantor harus dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Dalam merancang dan menetapkan pembangunan jenis tata letak ini hal yang perlu diperhatikan adalah pengaturan ruang, perabotan, peralatan kantor, dan desain interior didalam kantor.

Lingkungan kerja yang baik adalah lingkungan yang mampu menciptakan suasana dan tampilan kantor menjadi lebih indah. Untuk itu dalam penggunaannya banyak sekali yang perlu anda ketahui sebelum membangun layout lingkungan kantor yaitu nengenal berbagai macam jenis layout, manfaat layout dan tujuan layout. Berikut penjelasan mengenai layout dilingkungan kantor.

mengenal-layout-di-lingkungan-kantor
Jenis-jenis Layout dilingkungan kantor ada beberapa jenis tata ruang dilingkungan kantor yaitu :
1. Tata letak terbuka (Open Office)
Tata letak terbuka merupakan salah satu desain lingkungan kantor yang menciptakan suasana lebih terbuka dan tidak tertutup atau private. Jenis desain dan tata letak penataan ruang dan lingkungan kerja kantor dengan tampilan seperti ini merupakan jenis tampilan desain interior yang banyak digunakan oleh perusahaan yang modern dan kreatif, startup teknologi dan bahkan organisasi yang sedang berkembang.

Penggunaan jenis ini digunakan dengan tujuan agar meningkatkan komunikasi yang lebih intens dan efektif kepada rekan kerja lainnya karena tidak ada dinding penghalang. Tetapi, dalam penggunaan ini tentu ada kurang dan lebihnya yaitu :
*Kelebihan
1 Hemat biaya dan mudah diimplementasikan
2 Komunikasi lebih intens
3 Meningkatkan efisiensi kerja

*Kekurangan
1 Tidak ada privasi antara pekerja
2 Dapat mengganggu aktivitas bekerja kepada rekan kerja lainnya.
2 Tata letak Bilik (Cubicle Office)

2. Tata letak bilik merupakan salah satu desain yang sering digunakan oleh perusahaan dan kantor.
Jenis tata letak ini termasuk kedalam desain ruang tertutup yang dimana setiap meja pekerja dibatasi dinding partisi untuk menjaga privasi karyawan nya masing masing. Tata letak bilik ini biasanya membutuhkan ruangan yang cukup luas.
*Kelebihan
1 Memiliki privasi yang terjaga
2 Tidak menganggu rekan lainnya

*Kekurangan
1 Tidak ada komunikasi intens
2 Ruangan Kantor jadi terlihat sempit
3 Tidak leluasa
3 Letak kantor bersama (Coworking office)

3. Jika anda tidak ingin pusing memikirkan layout kantor untuk didesain seperti apa.
Anda dapat menggunakan jenis tata letak coworking ini. Tata letak ini dapat mengkoordinir semua kebutuhan bisnis sekaligus tata letak kantor. Coworking sebagai pihak ketiga yang telah dilengkapi dengan fasilitas kantor sewa yang sudah modern.
*Kelebihan
1 Fasilitas Tersedia
2 Budaya dan Kerja yang Fleksibel dan santai
3 Cocok untuk pertemuan dengan klien
4 Berbagai pilihan dan Beragam Biaya

*Kekurangan
1 Keamanan yang kurang terjamin
2 Tidak ada Privasi karena bergabung dengan perusahaan lain.

4.Manfaat dan Tujuan Layout dilingkungan kerja
Penggunaan layout dalam lingkungan kerja terutama kantor atau perusahaan memiliki beberapa manfaat diantaranya yaitu. Untuk meningkatkan efektivitas kinerja karyawan, mendapatkan tempat dan lingkungan kerja yang nyaman, meningkatkan produktivitas karyawan, mengantisipasi pengembangan organisasi, meningkatkan kedisiplinan karyawan, memperindah tampilan kantor, menciptakan suasana yang indah.

Tujuan Layout dilingkungan kerja
1 Ruangan dapat dioptimalkan sebaik mungkin
2 Integritas antar karyawan dapat dilakukan
3 Dapat melakukan pengawasan dan pemantauan kerja
4 Meningkatkan Efektivitas dan Produktivitas Karyawan
5 Mempermudah dan memperlancar aktivitas karyawan
6 Untuk memberikan rasa aman, nyaman dan tentram
7 Memberikan kebebasan
8 Memberikan akses kepada karyawan

Related Posts