Cara Mengatasi Lingkungan Kerja yang Toxic

Cara Mengatasi Lingkungan Kerja yang Toxic

Cara Mengatasi Lingkungan Kerja yang ToxicBanyak sekali orang yang mengeluh perihal kondisi dan keadaanya bekerja didalam lingkungan yang tidak sehat alis toxic. Ada beberapa yang perlu dihindari dalam memilih lingkungan yang toxic baik itu sebelum bekerja maupun sudah bekerja. Hal tersebut dapat anda antisipasi dengan cara sebagai berikut.

Ada beberapa hal yang harus anda perhatikan saat anda mencari pekerjaan atau jobseeker. Sebelum memulai untuk bekerja anda dapat mengetahui lingkungan kerja ditempat yang akan anda tuju atau lamar itu memiliki lingkungan kerja yang seperti apa. Tiap tiap tempat bekerja tentunya akan memiliki lingkungan, kebiasaan, rekan kerja, atasan, dan berbagai hal lainnya yang berbeda beda. Tetapi, anda tetap dapat mengetahui lingkungan kerja tersebut sebelum memasuki kerja ditempat yang anda lamar. Berikut ini adalah cara bagaimana anda mengenali lingkungan kerja sebelum bekerja.

1 Perhatikan baik baik jenis pekerjaan yang anda lamar
Untuk mengetahui lingkungan tersebut memiliki lingkungan yang baik atau tidak. Anda dapat memperhatikan jenis pekerjaan tersebut. Identifikasi jenis pekerjaan tersebut mulai dari Jobdesk yang akan anda kerjakan, bidang atau posisi yang ada tuju, salary yang akan anda dapati, lokasi bekerja, jam kerjanya seperti apa. Dengan begitu anda dapat mempertimbangkan hal yang tertera didalam lowongan tersebut dan sesuaikan dengan diri anda. Karena selain faktor atasan dan perusahaan. Lingkungan kerja yang tidak sehat juga bisa dimulai dari diri kita sendiri seperti contohnya bidang atau posisi kita bekerja tidak sesuai dengan keahlian jadi membuat kita menjadi tidak sinkron, juga perhatikan jobdesk, lokasi, dan jam kerja dan kembali sesuaikan dengan salary yang didapat.

2 Cari tahu tentang tempat bekerja yang anda tuju
Hal selanjutnya adalah, anda dapat mencari tahu tempat bekerja yang akan anda lamar dengan mencari informasi. Hal tersebut bisa anda dapat melalui oranglain yang pernah terlibat dalam perusahaan tersebut. Anda juga dapat melihatnya menggunakan review dan pandangan orang sekitar yang berada dilingkungan tempat tersebut untuk menilai bagimana pelayanan perusahaan tersebut kepada orang lain.

3 Cari tahu karakter atasan atau orang yang terlibat
Untuk hal ini, anda dapat mengetahui karakter seseorang ketika anda mencoba untuk berhubunhan dan menghubungi tempat perusahaan yang akan anda tuju. Anda dapat mencoba apply lamaran atau mencoba menghubungi perusahaan tersebut. Dan anda akan melihat bagaimana pelayanan mereka terhadap anda. Jika anda mendapatkan respon yang baik maka bisa dikatakan perusahaan tersebut dapat memberikan lingkungan kerja yang sehat. Anda juga dapat mengetahui karakter HRD atau atasan ketika anda mendapat panggilan interview kerja. Disinilah anda akan mengetahui bagaimana sikap dari atasan terhadap anda sesudah bekerja.

Cara Mengatasi Lingkungan Kerja yang Toxic

Jika anda mendapati sudah bekerja tetapi semakin lama semakin mendapatkan lingkungan yang kurang sehat anda juga dapat mengatasi hal tersebut dengan cara berikut ini.

1 Jauhi rekan kerja atau hal hal yang negatif
Jika anda sudah terlanjur bekerja dilingkungan yang tidak sehat anda dapat menjauhi rekan kerja atau atasan kerja yang dapat mempengaruhi kinerja dan mental anda. Menjauhi bukan berarti tidak ada hubungan sama sekali. Menjauhi disini dalam artian lebih menghindari perdebatan atau konflik konflik yang dapat membuat suasana menjadi tidak nyaman.

2 Ciptakan ruang kerja yang positif
Hal yang bisa anda atasi jika sudah bekerja tetapi mendapatkan lingkungan kerja yang toxic anda dapat mencoba membuat ruang kerja yang positif. Anda dapat melakukan hal hal sederhana seperti personalisasi ruang kerja anda menjadi lebih nyaman dan fresh untuk menghindari kekacauan pikiran dalam bekerja.

3 Buat Strategi Resign
Resign merupakan hal yang wajar jika memang sudah tidak dapat memperbaiki lingkungan kerja nya. Tetapi, sebelum resign pastikan anda sudah membuat rencana atau strategi untuk hal ini kedepannya. Hal yang perlu anda rencanakan adalah pastikan sebelum anda keluar meninggalkan kantor lama anda anda sudah dapat pengganti pekerjaan yang baru untuk menghindari menganggur. Kemudian pastikan tempat kerja yang baru jauh lebih baik dibanding tempat kerja anda yang lama.

Related Posts