Dampak Lingkungan Kerja yang Toxic

Dampak Lingkungan Kerja yang Toxic

Dampak Lingkungan Kerja yang Toxic – Dalam memilih pekerjaan tentunya kita akan menghadapi situasi dan kondisi dimana lingkungan tempat kita bekerja akan memiliki habits atau kebiasaan yang berbeda beda. Dimana dari kebiasaan para karyawan, atasan dan staff lainnya yang terlibat dalam suatu perusahaan atau tempat bekerja tentunya akan mempengaruhi lingkungan kerja yang ada.

Berasal dari kebiasaan itu sendiri lah biasanya lingkungan kerja yang sehat atau yang tidak sehat diciptakan. Dalam bekerja tentu saja kita tidak dapat memilih untuk berada dilingkungan kerja atau lingkungan kantor yang seperti apa. Tetapi, kita wajib dan harus mengetahui apa saja dampak jika kita sebagai karyawan mendapatkan lingkungan kerja yang toxic atau yang kurang sehat ini pada diri kita sendiri. Untuk mengantisipasi dan menghindari hal hal yang tidak diinginkan kita juga perlu mengetahui perihal apa saja yang harus kita lakukan jika ternyata mendapatkan keadaan harus bekerja di lingkungan yang tidak sehat.

Dampak Lingkungan Kerja yang Toxic

Ada beberapa dampak yang harus anda ketahui jika bekerja dilingkungan yang tidak sehat. Dampak ini tentu saja akan mempengaruhi kinerja anda sebagai karyawan. Tetapi, yang paling harus diperhatikan adalah dampak ini juga akan mempengaruhi kehidupan dan diri anda sendiri. Berikut adalah penjelasan mengenai dampak bekerja dilingkungan yang toxic.

1 Stress
Bekerja dilingkungan yang toxic akan sangat mempengaruhi pikiran. Bisa saja, anda sebagai karyawan dituntut banyak hal oleh atasan atau perusahaan dalam menyelesaikan beberapa pekerjaan yang banyak. Lingkungan kerja yang toxic biasanya akan terus menuntut anda dalam bekerja.

2 Gelisah
Hal ini juga disebabkan karena lingkungan kerja yang tidak sehat. Bekerja yang sering dikejar deadline juga membuat kita merasa gelisah karena tidak dapat bekerja sesuai deadline, atau bekerja untuk mencapai target tertentu dapat membuat kita menjadi lebih tertekan karena gelisah tidak dapat mencapai target. Selamanya, akan merasakan gelisah jika secara terus menerus bekerja berada dibawah tekanan pimpinan dan perusahaan.

3 Ketakutan
Ada beberapa karyawan yang juga merasa takut karena pekerjaannya tidak dapat terselesaikan dengan baik dan tepat. Hal ini biasnaya disebabkan karena pimpinan yang tidak mau mengerti bawahan atau galak sehingga membuat karyawannya menjadi merasa takut jika bekerja tidak sesuai perusahaan dan tidak semaksimal mungkin. Hal ini tentunya akan sangat menggangu kesehatan karyawan karena rasa takut yang berlebih menyebabkan dirinya menjadi tidak sehat.

 

4 Sakit
Ada beberapa perusahaan dan atasan yang terkadang menyuruh karyawannya untuk menyelesaikan pekerjaannya meskipun sudah melewati batas waktu bekerja. Hal itu yang membuat para karyawan terus bekerja lembur untuk menyelesaikan pekerjaannya hingga lupa akan kesehatannya sendiri. Lingkungan kerja yang seperti ini yang menyebabkan tidak sehat dan membuat karyawannya juga menjadi tidak sehat.

Dampak Lingkungan Kerja yang Toxic

5 Depresi dan Gangguan Mental
Hal yang paling parah selanjutnya adalah, bisa mengalami depresi dan gangguan mental. Meskipun bekerja tetapi kita sebagai karyawan juga harus dapat membatasi diri dari pekerjaan. Lingkungan kerja yang tidak sehat dapat menyebabkan seseorang menjadi depresi dan kesehatan mental nya yang terganggu.

Baca juga : Ciri Ciri Lingkungan Kantor dan Kerja yang Sehat dan Toxic

6 Tidak ada semangat
Karyawan yang biasanya bekerja dan berada dibawah lingkungan kerja yang toxic ini akan kehilangan semangat dalam bekerja dikarenakan merasa lelah atau bosan dengan pekerjaannya. Karyawan yang selalu dituntut banyak oleh perusahaan biasanya akan merasa bahwa dirinya tidak lagi memiliki semangat untuk bekerja diperusahaan tersebut

Related Posts